Food

Apple Cake


Sekali itu pas buka blog, seperti biasa ada postingan yang masuk ke dalam freshly pressed yang berbeda-beda setiap harinya. Kebetulan ada satu post yang menarik, karena judulnya bacon and cheese cookies. Aku klik dan WOW!!!! Yang nulis blog hobi masak dan fotografi (mungkin harusnya ak, jadi aku yang lagi baca berasa dimanjakan sekali. Uda dapat resepnya, dikasi tunjuk pula step-stepnya dengan gambar yang jelas. Mulai deh cari-cari arsip si cewek pembuat kue ini dan aku tertarik dengan si Apple Cake ini. Karena simple banget dan kayaknya enak.

Langsunglah buat rencana buat beli apel yang gede-gede khusus untuk nyobain resep ini dan hasilnyaaaaaa…..


Bahan :

130 gr tepung terigu

80 gr mentega

140 gr gula pasir

1 butir telur

1 sdt baking powder

¼ sdt garam

1 sdt bumbu spekuk*

1 buah apel

Cara membuat :

  • Panaskan oven ke suhu 190 der C
  • Kocok mentega bersama ½ bagian gula pasir (70 gr) sampai lembut. Tambahkan telur, kocok kembali sampai tercampur rata.
  • Di wadah berbeda, campurkan tepung terigu + garam + baking powder, aduk rata
  • Masukkan campuran tepung ke dalam adonan mentega dalam tiga tahapan, kocok dengan speed rendah sampai semua bahan tercampur rata.
  • Siapkan loyang berbentuk bulat (aku pakai pyrex) olesi dengan mentega tipis-tipis, kemudian tuangkan adonan.
  • Apel: kupas apel, lalu potong-potong tipis kemudian susun di atas adonan cake.
  • Campurkan sisa gula dengan bumbu spekuk lalu taburkan di atas potongan apel.
  • Masukkan ke dalam oven dan tunggu selama 25 menit**

* di resepnya cuma pake cinnamon, tapi aku lebih suka aroma spekuk, lebih komplit dan lebih wangiiiiiiiiiiiiii J

**kata resepnya sih dioven selama 25 menit, tapi aku dua kali nyoba resep ini, cakenya gak pernah matang dalam waktu 25 menit, soalnya pas aku tusukin pake tusukan sate, masih nempel adonannya, jadi aku tambahin 15-20 menit lagi.

2 thoughts on “Apple Cake

Leave a comment