Exam Cheating


kalau udah masa-masa ujian pasti banyak yang ngelakuin berbagai usaha biar dapet nilai yang bagus….ada yang belajar seminggu sebelum ujian,,,setaun sebelum ujian,,dan ada juga yang cuma pake sistem kebut semalam (SKS)….yang paling parah buat yang ga sempet belajar,,atau uda belajar tapi ngerasa belum maksimal….jatuhnya bakal ke perilaku nyontek deh…

sebenarnya kenapa sih orang nyontek??

Ada yang nyontek karena gak mau dimarahin orang tuanya kalau nilainya jelek,,ada juga yang nyontek karena pengen selalu jadi yang terbaik,,,ada juga yang nyontek karena emang uda kebiasaan….

Ada beberapa faktor kepribadian yang mempengaruhi perilaku menyontek ini, misalnya orang-orang yang hobi nyontek itu biasanya pengen cepet puas,,memiliki keinginan tinggi untuk mendapatkan pengakuan,,rendah dalam kepercayaan interpersonal dan mereka juga yakin kalau melakukan pelanggaran itu ga selamanya bakal kena hukuman….Selain itu faktor lingkungan juga bisa berperan, ya misalnya karena memang ada kesempatan  untuk nyontek ya makanya orang nyontek..

Mungkin salah satu cara untuk menghilangkan kebiasaan ini adalah dengan merubah pola pikir,,kalau ga selamanya apa yang kita lakukan itu harus sempurna,,,yang kita perlukan itu adalah melakukan sesuatu semaksimal mungkin….kalau memang kita uda belajar untuk ujian tapi kita tetep g tau jawabannya ya udah,,berarti emag segitulah kemampuan maksimal kita….jangan memaksakan supaya hasilnya lebih baik lagi,,,kalau mau hasil yang lebih baik buat usahanya pas sebelum ujian bukan pas ujiannya….

Dan satu lagi,,selain mengubah pola pikir anak,,pola pikir orang tua mungkin juga harus sedikit diubah…mending mana punya anak yang sempurna tapi dari bukan dari usaha si anak sepenuhnya atau punya anak yang emang bisa sesuai dengan kemampuannya??

8 thoughts on “Exam Cheating

  1. iya aku setuju,, dan menurutku, yang kurang di Indonesia itu adalah APRESIASI. hehee,,

    apresiasi adalah salah satu hal kecil yang sering di lupakan, padahal itu bermakna banyak🙂

  2. hmm.. stuju2..

    tpi aku klo dkmpus dah ga isa nyontek lagi..
    gara2 faktor lingkungan.. T_T

    tpi emang trasa seh, ga da gunanya nyontek krn ilmu nya tu ga da di otak kita..
    jadi di dunia kerja nanti mgkn bkalan kwalahan..

    malah di dunia interview tuk cari kerja ja dah terasa..
    huhehee..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s