My Sister’s Keeper & To Kill A Mockingbird


Review singkat dari dua novel yang berhasil aku baca sebelum minggu UAS datang.

1.My Sister’s Keeper

Kisah tentang sebuah keluarga dengan 3 orang anak. Keluarga yang awalnya menjalani hari dengan bahagia ini dikejutkan denngan diagnosis dokter kalau Kate (anak kedua) menderita leukemia. Berbagai cara dilakukan untuk menyelamatkan anak mereka hingga akhirnya kedua orang tua mereka, Brian dan Sara, berpikir untuk melahirkan anak lagi yang diatur gen-gennya agar semirip mungkin dengan Kate sehingga akan lebih mudah bagi tubuh Kate untuk menerima donor dari Tubuh Anna (anak ketiga).

Dari ceritanya bisa dilihat kalau anak merasa ada yang tidak adil dalam kehidupan mereka, orang tuanya terlalu memperhatikan Kate, hingga anak sulung mereka, Jesse, berusaha untuk menarik perhatian orang tuanya dengan lari ke obat-obatan dan hobinya membakar gedung-gedung.

Keadaan semakin memuncak waktu Anna menggugat orang tuanya sendiri dengan alas an, dia uda capek menyumbangkan bagian tubuhnya, tanpa ada pertanyaan langsung dari orang tuanya apakah Anna memang rela mendonorkan bagian dari tubuhnya.

Ceritanya sendiri ngasi gambaran kalau kehidupan keluarga itu amat sangat kompleks. Orang tua selalu berusaha untuk memberikan jalan yang terbaik untuk anak-anaknya, untuk berlaku adil, tapi kenyataannya amat sangat sulit untuk membuat apa yang sudah direncanakan berjalan sebaik mungkin. Menyentuhlah boleh dibilang ceritanya… Cukup banyak nangis juga aku dibuatnya…

2.To Kill A Mockingbird

Kalau cerita yang ini bisa dibilang ceritanya dataaaarrr banget. Maksudnya waktu aku baca ini gak ada rasa kayak ikut masuk ke dalam ceritanya (ikut ngerasa sakit waktu dia sedih, bisa ngerasain deg-degan waktu dia kejebak dalam bahaya, gitu-gitulah). Setting cerita pas tahun 1930, secara keseluruhan bercerita tentang prasangka masyarakat (kulit putih) kepada kelompok masyarakat lain (afro amerika).

Yang aku suka dari novel ini, cara ayah mereka, Atticus, mendidik anak-anaknya, memberi kebebasan yang menurutku masih dalam batas wajar, cara dia setiap malam menghabiskan waktu untuk membaca koran sama anaknya. Manteb lah…

One thought on “My Sister’s Keeper & To Kill A Mockingbird

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s