20


Postingan kali ini kayaknya bakal menjadi semacam curcol. :p

Well,, I’m 20 now. What should I do with 20? Satu hal yang pasti, now I’m officially passing my adolescence and entering my next step, the adulthood state. My early adulthood.

Mulai muncul pertanyaan, what should I do next? Or what have I done in 20 years? Have I achieved anything?

Sebenarnya aku sedikit tidak rela memasuki 20. Tidak rela melepas usia belasan. Rasanya 20 itu berat, titik awal di mana kita secara tidak tertulis akan memulai kehidupan kita sendiri, membangun fondasi untuk sisa waktu yang kita punya. Tahap kita akan memulai mencari pekerjaan untuk membangun karir, mencari nafkah. Mencari pasangan hidup, untuk membangun keluarga dan meneruskan keturunan. Semua hal yang meminta tanggung jawab yang lebih besar, yang harus kita tanggung sendiri. Yah, sebenarnya dari tahap remaja akhir kita juga uda diminta untuk bertanggung jawab sendiri, tapi kayaknya waktu masih remaja, masih ada tanggung jawab yang bisa diback-up sama orang tua. Tapi sekarang, semuanya kayak jatuh full ke kita.

Usia 20 bagiku juga seharusnya menjadi usia di mana aku sudah bebas menentukan pilihan-pilihan. Orang lain hanya berhak untuk memberi saran, dukungan, dan menghargai keputusan yang aku ambil. Itu aja. ’cause i’m not a kid anymore, right?

Oh ya, satu lagi, masuk ke usia 20 rasanya yang dipikirin bukan lagi, “usia bertambah” tapi ” berapa lagi sisa usiaku di dunia ini”. Hemm..

2 thoughts on “20

  1. setujuu ..
    tanggung jawab itu yg membuat kita menjadi lebih dewasa kan🙂 Sekali lagi, selamat meninggalkan usia teen, dan selamat datang di usia 20 yang akan memberi warna baru ke hidup kk.
    yang pasti sih yaa,,
    berapapun usia kitaa, tuntutan itu selalu ada, tinggal bagaimana kita menanggungjawabi semua itu dan face semua itu dgn cara kita😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s