Choux Pastry (Kue Sus)


Ditantangin si Dewa nih buat kue sus. Pas nyoba pertama, masih gagal flanya, kurang kental. Takaran dari resepnya gak sesuai. Jadi pas nyoba kedua aku tambahin maizenanya, dan berhasil!

Resep untuk flanya aku ganti. Soalnya lagi ga punya susu cair. Abis dibuatin pancake. Jadi diganti sama susu kental manis. Dan aku juga ga pake kuning telur. Lagi gak pengen. Nanti kapan-kapan kita coba fla yang pake kuning telur.

 

Bahan :

  • Kulit

150 gr tepung terigu

125 gr margarin/mentega

200 ml air

1 sdm gula pasir

4 butir telur

 

  • Fla

500 ml air

½ kaleng susu kental manis

4-6 sdm gula pasir

½ sdt garam

2 sdm margarine/mentega

75 gr tepung maizena

 

Cara membuat

  1. kulit : didihkan air bersama mentega dan gula pasir. Saat mendidih masukkan tepung terigu, aduk cepat sampai membentuk adonan yang kalis. Dinginkan.
  2. setelah adonan dingin, masukkan telur satu per satu dan aduk sampai tercampur rata dengan adona kulit.
  3. siapkan loyang yang permukaannya sudah diolesi margarin.
  4. masukkan adonan ke dalam plastik segitiga, lalu semprotkan di atas loyang dengan menggunakan bentuk dan ukuran spuit yang diinginkan.
  5. panaskan oven ke suhu 200 C panggang sus selama 25 menit.
  6. fla : campur semua bahan fla. Aduk terus larutan fla sampai fla mengental dan adonan meletup-letup. Dinginkan.
  7. penyajian : gunting sedikit kulit sus bisa secara vertikal atau horizontal (jadi ada pintu untuk masukin fla ke dalam kulit susnya).
  8. masukkan fla ke dalam plastik segitiga, lalu semprotkan ke dalam kulit sus sampai penuh.
  9. Siap dimakan.

*updated*

Hari minggu kemarin iseng buat sus lagi. Dan nyoba fla yang pakai kuning telur. Rasanya lebih enak sih menurutku.

Bahan fla

2 btr kuning telur

50 gr tepung Maizena

500 ml susu segar (atau bisa diganti 500 ml air + 1/2 kaleng susu kental manis)

75 gr  gula pasir

1 sdt vanila bubuk (biar bau kuning telurnya ga gitu nyengat)

1/8 sdt garam

1 sdm mentega/margarin

 

Cara membuat :

  1. Campur tepung maizena, gula pasir, garam, susu, vanila bubuk. Aduk rata dan masak sampai adonan mengental dan muncul gelembung. Selama memasak sampai mendidih, adonan fla harus tetap diaduk agar bagian dasar fla tidak gosong.
  2. Setelah muncul gelembung, segera masukkan kuning telur dan aduk cepat agar kuning telur tercampur rata dengan adonan fla.
  3. Terakhir, tambahkan margarin dan aduk rata kembali.
  4. Dinginkan fla. Setelah dingin tinggal diisi deh ke dalam susnya. Siap😀

 

One thought on “Choux Pastry (Kue Sus)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s