Mengkritik Cara “Mengkritik”


Apa yang bakal kita lakukan kalau seseorang melakukan kesalahan atau melakukan sesuatu tidak sesuai harapan kita? Kritik. Itu biasanya yang bakal dilakukan orang-orang. Sebagai orang yang mau maju tentu kita harus mendengar kritik dari orang kan? Karena kritik itu berguna biar kita gak mengulang kesalahan yang sama. Dengan tujuan agar orang yang diberi kritik dapat lebih berkembang.

Tetapi mungkin masih banyak yang berpikir,”Dia orangnya gak bisa nerima kritik”. Ohya? Masak sih begitu? Mungkin ada benarnya kalau seseorang tipikal yang sulit untuk menerima kritik. Tapi bagaimana kalau yang salah adalah cara kita saat memberi kritik? Sadar gak kalau cara kita memberi kritik itu juga sangat berpengaruh dengan bagaimana cara orang tersebut menangkap kritik dari kita? Ada yang mengkritik spontan, tajam, langsung membahas apa yang kurang, apa yang salah. Tapi ada yang pelan-pelan, ngalor ngidul ntah kemana. Ada juga yang pelan tapi tegas, artinya memperhatikan perasaan orang yang dikritik dan juga tetap menyampaikan pesannya secara tegas.

Satu cara mengkritik yang aku ingat, waktu Giring jadi komentator di IMB dan dia ngasi komentar untuk Berto Pah. Di episode itu Berto mencoba main sasando sambil nyanyi, karena minggu sebelumnya ada juri yang memberi masukan gimana kalo dia main sasando sambil nyanyi. Jadi komentar Giring ”kalo gak salah”,”Tadi tuh saya udah nangkep auranya pas mas Fadli (padi) nyanyi trus kamu main sasando. Tapi begitu kamu masuk, semuanya buyar.” Nampak gimana perubahan wajah Berto, yang awalnya sumringah karena menunjukkan sesuatu yang baru, tapi begitu dapat kritik dari Giring, keliatan lemes banget.

Jadi ya, saat anda menilai seseorang tidak bisa menerima kritik, coba pikir lagi, apa memang benar dia yang tidak bisa menerima kritik, atau masalahnya ada dalam cara anda menyampaikan kritik tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s