My Own Version Macaroon


Liburan semester ganjil kemarin, aku ketagihan main salah satu aplikasi game di facebook, Baking Life (BL). Di game ini, nanti kita punya toko yang jualan kue-kue cantik. Macem-macem kuenya, dan namanya kebanyakan yang asing aku dengar. Misalnya Lemon Meringue Pie, Baklava, Trifle dan masih banyak lagi. Bentuk kuenya lucu-lucu dan buat aku tertarik iseng-iseng cari tahu gimana cara buat kue-kue tadi. Salah satu yang lucu itu Macaroon. Sebelumnya aku juga sempat dengar nama kue ini, pernah dibuat sama Farah Quinn. Tapi yang dia buat beda bentuknya dari Macaroon yang ada di BL. Yang dibuat Farah Quinn ditambahin kelapa parut. Kalau yang di BL bentuknya kayak ada dua kepingan gitu yang disatuin sama chocolate ganache, disebutnya French Macaroon atau Parisian Macaroon.

Jadi cari-carilah gimana cara buat si French Macaroon ini. Tapi dari resep-resep yang ada di internet, pada ngasi tau kalau salah satu bahannya itu adalah tepung almond. Yepp, tepung almond.

Karena yang aku tau almond itu mahal (oke, saya pelit) jadi saya males buatnya. Ehh, pas jalan-jalan ke Gramedia, ketemu buku resep Macaroon. Dan yang ini sama sekali ga pake tepung almond. Dia malah cuma pake tepung maizena aja. Jadi resep ini deh yang saya contek, tapi takaran gulanya dikurangin. Manis banget hasilnya kalau ngikutin resep dari bukunya..

Bahan :

3 butir putih telur

250 gr iching sugar (gula pasir halus juga bisa)

2 sdm tepung maizena

Cream of tartar

Essens atau pewarna makanan kalau mau

Cara membuat :

  1. kocok putih telur dengan speed tinggi
  2. saat memasuki soft peak, masukkan gula secara bertahap, sampai gula habis. Terus kocok.
  3. tambahkan cream of tartar dan tepung maizena. Aduk lagi sampai tercampur rata.
  4. masukkan ke plastik segitiga, potong sedikit ujungnya, lalu cetak membentuk lingkaran kecil-kecil di atas loyang yang telah dilapisi mentega tipis-tipis. Beri jarak sekitar 2 cm antar adonan. Lakukan terus sampai adonan habis. Diamkan selama 10 menit.
  5. panaskan oven ke suhu 170 der C. Panggang macaroon selama 10 menit. Lalu keluarkan sebentar, dan tunggu sampai agak dingin.
  6. turunkan suhu oven ke 120 der C, panggang lagi macaroon selama 20 menit. Angkat.
  7. harusnya yang namanya French macaroon itu tengah-tengahnya ditaro chocolate ganache, tapi aku lagi gak punya persediaan krim jadi ya aku ganti pake selai coklat ceres aja di tengahnya. Siap dehhh..

(Btw, macaroon saya bentuknya jauuuuuuuuuuhhhh banget dari bentuk French macaroon yang asli)

:))))))

Tapi harus bisa nanti buat yang bener-bener mirip kayak yang di atas!

28 thoughts on “My Own Version Macaroon

    1. bentuknya bubuk gtu.. gunanya supaya nahan bentuk putih telur yang uda dikocok biar tetep ngembang. bisa dicari di bagian bahan-bahan kue,, biasanya di daerah dekat2 baking powder atau soda kue gitu🙂

  1. uwoo akhirnya nemu resep macaroon yang gampang! makasih ya udah di-post🙂

    ngomong-ngomong, pake cetakan yang kayak gimana ya?

    1. bukan pakai cetakan. Pake spuit sih harusnya.
      tapi aku ga punya spuit yg bentuknya bulat dan piggirannya rata aja gitu.
      jadi aku cuma bermodalkan plastik segitiga yang aku gunting sedikit ujungnya, jadi pas disemprot, adonan macaroonya mau bulet.
      tpi bakalan lebih maksimal bentuknya kalau pake spuit deh🙂

  2. sista, tanya donk, kalo beli tepung almond itu dimana ya?
    uda nyari di beberapa toko bahan kue dan smp skrg ga nemu😦
    thanks bfore

    1. hai halo Nara🙂
      samaaa,, aku juga kesulitan buat nyari tepung almond di kotaku..
      makanya aku cari resep macaroon yang ga harus pakai tepung almond karena penasaran banget..
      tpi seharusnya di kota2 besar, mudah sih buat nemuin tepung almond ini..
      bisa dibuat sendiri sih, tpi agak repot prosesnya,,
      almond diblender sampai berbentuk tepung, terus dijemur untuk ngurangin kadar airnya..

  3. hwaaaa senangnya ada resep macaroon yg gampang thx sista…
    aku mau tanya doong sist…klo pakai pewarna dimasukinnya pas abis tahap yang mana?
    terus chocolate ganache itu apa?bisa dibeli dimana?
    thank u

    1. pewarna itu dimasukin setelah si putih telurnya kaku
      chocolate ganache itu bisa dibuat sendiri..
      bahannya krim kental sama coklat yang dilelehin jadi satu.. bisa sarch di google kok utk cari tahu lebih lengkap gmn cara buat ganache🙂

  4. hi..hi….
    Kliatannya maccaron buatan kamu juga enak ya…..
    Boleh dicoba nih resepnya,
    Tp aku sendiri pernah pake tepung almond, gak mahal2 amat kok,
    150 gr harganya Rp.27.850,-
    Tp bs juga diganti dengan kacang tanah/mede kok
    Kacangnya dibekuin dulu wkt msih mentah, trus dipanggang sampai matang, dihaluskan deh…..
    Lgs bs dipake deh

  5. Halo! Thanks banget buat resepnya! Saya mau berbagi tips buat kamu nih. Hasil macaroon versi mu diatasnya kan berbentuk sedikit lancip tuh. Nah, biar ga lancip2 semua, setelah adonan selesai dibentuk, mesti kamu tepuk-tepuk loyangnya ke meja (tapi jangan terlalu kuat yah).
    Ini biar adonan macaroonmu jadi berbentuk lingkaran yang rata. Selamat mencoba😀

Leave a Reply

