The Adjustment Bureau


Alasan pertama aku mau nonton film ini, karena ada Matt Damon!!!! Dan sejauh ini dari pengalamanku nonton beberapa filmnya dia, film yang dia mainin selalu bagus.

Film ini menceritakan kisah David Norris yang mencalonkan diri sebagai kandidat senator untuk wilayah New York. Sejauh ini pollingnya selalu memimpin. Namun, karena kasus di masa lalunya yang kembali diekspos, pollingnya jadi menurun dan peluangnya untuk menjadi senator semakin sulit.

Di saat frustrasi itu, David bertemu dengan Elise di kamar mandi cowok (oh yeahh, men’s room!!). Dan obrolan singkatnya bersama Elise seperti memberi pencerahan untuk David untuk pidato yang akan disampaikannya serta memberi pencerahan dalam hati David *prikitiww*

David berhasil bangkit dari rasa frustasinya, namun tetap kalah dalam perebutan kursi senator.

Kemudian, suatu hari di perjalanan menuju kantor, David kembali bertemu Elise di bus. David berjanji akan menghubungi Elise setelah Elise memberikan nomor teleponnya. Tapi setibanya di kantor, David terkejut dengan hadirnya kumpulan pria bertopi yang sedang “membekukan” rekan-rekan kerjanya. Mereka disebut “the adjustment bureau” yang bertugas untuk mengatur agar segala sesuatu yang terjadi dengan manusia, termasuk David, berjalan sesuai dengan rencana yang sudah dituliskan oleh the Chairman.

Dan di dalam rencana mereka, David harus menang menjadi senator di putaran pemilihan berikutnya. Namun, untuk berhasil mencapai posisi tersebut, David tidak boleh bertemu dengan Elise. Dan the adjustment bureau akan mengatur dan memastikan agar mereka tidak dapat bertemu, bagaimana pun caranya.

Tiga tahun berlalu, dan kembali, secara kebetulan David berhasil menemukan Elise. Namun, the adjustment bureau mengetahuinya dan memperingatkan David, bahwa menjauh Elise adalah jalan untuk memperoleh mimpinya. Dan apabila mereka bersama, bukan hanya peluang David yang hilang, tetapi juga peluang Elise menjadi balerina terkenal. Mempertimbangkan hal ini, David kembali memilih untuk melepaskan Elise.

Tapi namanya juga cinta, Davidnya ga bisa berhenti mikirin Elise. Sampai tersiar kabar kalau Elise bakal menikah dengan mantan tunangannya. David kembali merasa, harus mendapatkan Elise. Namun, kembali, the adjustment bureau berusaha untuk menggagalkan usaha David. Tapi karena usahanya yang pantang menyerah, akhirnya the Chairman mengubah rencana yang dibuatnya untuk David dan menuliskan “rencana” baru untuknya bersama Elise. The end.

Satu hal yang nempel banget sehabis nonton film ini. Kenapa kita harus mengikuti rencana yang ditulis orang lain.

Hmm, aku sendiri percaya dengan adanya takdir. Ada takdir yang memang sudah ditentukan oleh-Nya, seperti kelahiran kita, kematian kita, lebih ke arah hal-hal yang berada di luar jangkauan kita dan sepenuhnya ada di kuasa yang Di Atas.

Dan ada satu lagi takdir yang bisa kita buat melalui proses pengambilan keputusan yang kita buat. Misalnya, jurusan apa yang kita pilih di perkuliahan, siapa yang kita pilih untuk dijadikan pasangan hidup. Hal-hal yang “mungkin” sudah tertulis, tetapi tetap berpeluang untuk berubah. Dan semuanya kita yang menentukan. Kita yang memilih.

Nah, kalau dari film tadi, sepertinya tidak masuk akal kalau ada orang-orang yang memaksa kita untuk mengikuti suatu rencana yang bersifat “duniawi”. Rencana yang sebenarnya masih bisa diubah.

Tagline filmnya juga menggelitik “your future has been adjusted”. How could you adjust something unpredictable like the future?

But overall, ceritanya menghibur. Bukan, bukan karena ada Matt Damonnya kok, tapi memang ceritanya menghibur😀

ps: tapi kalau dilihat dari sudut yang berbeda, mungkin film ini bertujuan untuk menyentil konspirasi-konspirasi yang ada di dunia ini kali ya? Konspirasi merujuk pada hal-hal atau peristiwa yang terlihat tidak ada keterkaitan satu sama lain atau terjadi secara tiba-tiba, tetapi tanpa sepengetahuan kita, ada kumpulan orang-orang yang sudah merekayasa agar peristiwa itu terjadi. Yah, mungkin aja *random thought*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s