Pie Pops


Belakangan ini selalu sulit untuk mencari waktu untuk nyobain resep baru. Hampir setiap hari pulang sore. Akhir minggu badan juga bawaannya mau males-malesan melulu. Tapi tadi pagi waktu lagi duduk nonton Gula-Gula, tiba-tiba tergerak untuk buat sesuatu.

Dan kebetulan baru nemu resep ini yang bahannya cukup mudah dan (aku pikir) cukup mudah pula proses pembuatannya.

Bisa dibilang hasil yang aku buat hari ini tuh gagal. Ada satu tahap kecil yang aku lewatin yang berdampak gedeeeeee >__<

Tapi karena hasilnya beberapa bagus ya dipost aja deh😀

Ohh, do you wanna know what I like from this pie?

No? You don’t wanna know?

Ahh, I’m still gonna tell ya. The crust!!! Enak banget deh, renyah gitu. Dan berasa menteganya. Nyammm..

Bahan :

350 gr tepung terigu protein sedang

230 gr mentega tawar dingin

¼ sdt garam

5 sdm gula pasir

60 – 120 ml air es

Isian : selai apa aja, mesis, keju, dsb

Olesan : 1 kuning teur + 1 sdt susu cair, campur

Cara membuat :

  1. Campur tepung terigu + garam + gula.
  2. Tambahkan potongan mentega tawar dingin, lalu aduk (bisa pakai garpu atau pakai tangan) sampai adonannya berbutir-butir.
  3. Tambahkan air es secara perlahan sampai adonan menyatu dan dapat diuleni.
  4. Tutup adonan dengan plastic wrap (kalo punya) kalo ga ada tutupin aja wadah adonannya pakai serbet dan masukkan ke dalam lemari es selama 20 menit. Beres.
  5. Siapkan loyang yang permukaannya sudah diolesi margarin.
  6. Setelah 20 menit, keluarkan adonan dari lemari es. Lalu giling adonan sampai mencapai ketebalan 3-5 mm. Lalu cetak dengan cetakan kue berdiameter ±6 cm.
  7. Ambil satu lapis adonan, beri isian. Lalu tutupi dengan lapisan adonan lainnya. Cubit-cubit bagian pinggir adonan, agar kedua lapisan ini menyatu agar isiannya tidak keluar. Susun di loyang.
  8. Lakukan sampai adonan dan isiannya habis.
  9. Berikutnya, olesi permukaan pie dengan campuran kuning telur
  10. Dan, bagian yang aku lewatkan nih, dengan pisau yang tajam, buat 3 lubang kecil di permukaan atas pie. Biar nanti sewaktu dipanggang, udara panas yang ada di dalam pie bisa keluar.
  11. Oven dalam suhu 175 ºC selama 20-25 menit atau sampai permukaan pie berwarna kuning keemasan.

 Happy baking people🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s