Velvety Cupcakes


Masih punya banyak banget sisa cream cheese yang harus segera dihabiskan. So I made this.

Intinya sih ini red velvet cupcake, tapi diganti aja warnanya paki warna ungu, hijau, biru or any color you want. But please do mind my liquid food colouring, bukannya jadi berwarna merah/ungu/hijau/dsb cupcakenya malah “coklat”. Saat-saat yang begini nih yang buat aku pengen banget punya food colouring yang gel. Warnanya lebih kuat dan lebih cantik. Mungkin di sini ada, tapi belum nemu di mana yang ngejual food coluring yang gel. Jaadi, kalau kalian mau coba buat resep ini, coba cari pewarna yang gel, hasilnya pasti lebih bagus.

Begitu keluar dari oven, ini cupcake teksturnya lembuuuuuuutttttt banget! Sayangnya lagi puasa, kalau ga mungkin cupcakenya bisa abis duluan sebelum disemprotin frostingannya.

Bahan :

125 gr tepung terigu segitiga biru

60 gr mentega/margarin

150 gr gula pasir

1 butir telur

1 sdt pewarna makanan (merah/ungu/hijau/biru)

125 ml buttermilk*

10 gr coklat bubuk

1/2 sdt vanila bubuk

1/4 sdt baking powder

1/2 sdt baking soda

1/2 sdt cuka masak

Frosting:

250 gr cream cheese, dalam suhu ruang

60 gr unsalted butter, suhu ruang

125 gr gula halus

Cara membuat :

  1. Cupcakes: Campur tepung terigu + baking powder + coklat bubuk, sisihkan.
  2. Campur buttermilk dengan pewarna makanan, aduk, sisihkan.
  3. Kocok mentega + gula pasir menggunakan mixer dengan high speed sampai mentega lembut dan bercampur rata dengan gula.
  4. Tambahkan telur dan vanila bubuk, kocok lagi sampai sedikit pucat dan mengembang
  5. Tambahkan 1/2campuran tepung, aduk. Masukkan buttermilk, aduk. Dan terakhir masukkan sisa 1/2 bagian tepung. Aduk rata sampai semuanya tercampur rata.
  6. Campur baking soda +cuka, aduk cepat dan segera tambahkan ke dalam adonan. Aduk kembali sampai tercampur rata.
  7. Siapkan loyang cupcake yang sudah dialasi liner dan tuangkan adonan sampai mencapai ketingginan 2/3 tinggi loyang.
  8. Panaskan oven suhu 175°C. Panggang cupcake selama 18-23 menit.
  9. Frosting: campur semua bahan menjadi satu, lalu kocok menggunakan mixer dengan high speed sampai membentuk ekstur yang creamy. Lalu semprotkan di atas cupcake.

*mungkin akan susah untuk nemu buttermilk. Mending buat sendiri aja.
 Takarannya: 250 ml buttermilk = 250 ml susu cair + 1 sdm cuka. Aduk lalu diamkan minimal selamam 10 menit sebeum digunakan dalam adonan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s