Churros


Churros lagi naik daun kayaknya. Di Instagram, liputan kuliner di televisi, di YouTube. So, I need to try this! Churros is Spanish doughnut. Tapi menurutku sendiri, setelah lihat-lihat resep di Google, churros adalah bentuk lain dari adonan kue sus yang digoreng lalu ditaburi gula dan cinnamon. That’s all.

Mungkin, untuk membuat churros, kita bisa menggunakan segala macam resep kue sus yang ada. Karena bahan serta prosesnya awalnya sama banget. Namun, proses menggoreng churros ini agak sedikit tricky. Model adonan churros menyerap minyak. Jadi sebelum digoreng harus pastikan minyaknya bener-bener panas.

Aslinya sih, churros disajikan dengan ditaburi gula yang sudah dicampur dengan sedikit cinnamon. Tapi sepertinya sekarang makin variatif. Ada yang disajikan pakai sekrim, selai, salted caramel, coklat or else. Just use everything you want.

Aku buat 2 macem. Pertama yang original.

Kedua aku campurin keju parut sama oregano bubuk di adonannya (my brother is not really a fan of cinnamon).

 

Bahan:

120 gr tepung terigu protein sedang

250 ml air

120 gr mentega/margarin

3 butir telur

1 sdm gula pasir

*taburan : 50 gr gula pasir + ¼ sdt cinnamon (atau bisa diganti dengan keju +oregano/basil)

 

Cara membuat:

  1. Panaskan air + mentega + gula (1 sdm) sampai mendidih.
  2. Masukkan tepung. Lalu aduk cepat sampai mulai terbentuk adonan. Masak di atas api selama 1 menit.
  3. Hilangkan uap panas dari adonan, lalu masukkan telur satu per satu dan aduk rata*.
  4. Siapkan piping bag dan ujung tips yang diinginkan. Masukkan adonan ke dalam piping bag.
  5. Panaskan minyak untuk menggoreng adonan.
  6. Lalu semprotkan adonan sepanjang 10-15 cm ke dalam wajan berisi minyak panas. Goreng sampai kedua sisi kecokelatan.
  7. Angkat dan tiriskan minyak dari churros. Selagi masih hangat, langsung gulingkan churros ke dalam campuran gula+cinnamon.

*Kalo mau dicampur keju atau oregano, bisa dicampur setelah memasukkan telur. Lalu aduk rata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s