Ayam Kodok


IMG_0273.JPG

Ga, ga ada kodoknya sama sekali kok. Hanya karena bentuknya menyerupai kodok, makanya dinamakan Ayam Kodok. Gampangnya, ayam utuh yang dipisahkan dari kulitnya, diambil dagingnya, lalu dicincang dan dicampur bumbu-bumbu tambahan, kemudian dimasukkan kembali ke dalam kulitnya tadi, hingga menyerupai bentuk ayam utuh.

Menu ini adalah tugas dari Homemade Lovers untuk bulan Juli. Awalnya begitu tau tugasnya harus masak dan ada teknik menguliti ayam seperti ini, agak males. Langsung kebayang bakal ribet buat misahin kulitnya. Ternyata ga, hanya sedikit tricky aja. Dan kebetulan pas banget ada moment yang pas untuk mengeksekusi resep ini. Sejujurnya aku sendiri ga sempet ngerasain ayam kodoknya, karena uda keburu diserbu sama tamu-tamu. Tapi karena masih ada sisa adonan isi yang ga bisa masuk ke dalam kulit ayam, akhirnya aku buat jadi chicken nugget (see below). Jadi bisa nyobain rasanya gimana, and yes it tasted good.

Will I make this again? Yepp, tapi kalau lagi ada special moment aja sepertinya ;p

Bahan-bahan yang dibutuhkan lumayan banyak dan metodenya juga lumayan detail. Jadi aku copy paste aja dari resep yang dishare di grup ya.

BAHAN :

  • 1 ekor ayam negeri (total bisa diperoleh 300-500 gr daging ayam, cincang)
  • 4 butir telur rebus, kupas kulitnya (aku ga pakai)
  • 300 gram daging sapi cincang
  • 6 lembar roti tawar
  • 200 ml susu cair
  • 2 butir telur

 Bumbu, dihaluskan :

  • 1 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 butir pala
  • 8 butir bawang putih
  • 8 butir bawang merah

 Bumbu lainnya :

  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt garam

 Saus untuk mengoles ayam saat dipanggang, aduk jadi satu :

  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm margarine

Saus coklat :

  • 1 sdm margarine
  • 1 butir bawang bombay, cincang halus
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 1/2 sdt merica hitam butiran, tumbuk kasar
  • 1/2 butir pala, haluskan
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 2 sdt saus tiram
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 1/2 sdm kecap asin
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 500 ml air kaldu (aku buat dari merebus sisa tulang ayam dengan 500 ml air)
  • 2 sdm maizena, cairkan dengan 2 sdm air

 CARA MEMBUAT :

Melepaskan Kulit Ayam

  1. Siapkan ayam, letakkan di meja datar, bersihkan ayam dengan menggosok permukaan kulit ayam dengan menggunakan garam kasar, gosok hingga kulit ayam bersih, cuci bersih ayam dari sisa garam dengan air mengalir.
  2. Persiapkan pisau dapur kecil yang tajam dan gunting, kita akan melepaskan kulit ayam. (actually, aku cuma pakai tangan dan pisau besar untuk matahin persendian tulang sayap dan pahanya)
  3. Letakkan ayam di atas meja, mulailah melepaskan kulit ayam dari bagian bawah ayam yang terbuka.
  4. Lepaskan dengan hati-hati dan perlahan dengan menggunakan pisau, gunakan jari anda untuk masuk ke dalam kulit dan lepaskan hati-hati jaringan di bawah kulit ayam. Jika sulit dilepas, gunakan gunting sebagai bantuan.
  5. Lakukan proses pelepasan kulit ini dari dua arah, yaitu dari bagian atas dan bawah ayam yang terbuka. Potong sendi antara sayap dengan badan menggunakan pisau tajam, biarkan sayap tetap utuh. Lakukan pada kedua sayap. Jika semua bagian badan telah lepas, keluarkan bagian badan ayam dari sayatan di bawah, sekarang kita akan melepaskan bagian paha.
  6. Tarik kulit di bagian paha hingga menyentuh bagian bawah, potong bagian sendi paha bawah yang tersambung dengan paha atas. Lakukan pada kedua paha. Potong setengah bagian paha bawah yang masih menempel di kulit, lakukan pada kedua paha. Gunakan pisau tajam dan alat pemukul yang berat saat melakukannya.
  7. Sekarang bagian badan ayam yang telah terlepas dari kulitnya bisa anda pisahkan, letakkan di mangkuk terpisah.
  8. Letakkan kulit ayam di meja, rapikan. Jahit bagian kulit yang berlubang dengan benang (aku pakai tusuk gigi). Jahit bagian ekor yang terbuka sehingga tertutup rapat (kita akan memasukkan isi lewat bagian leher ayam). Masukkan kulit ke dalam mangkuk, tutup rapat agar tetap lembab dan sisihkan.

 Membuat Isi:

  1. Lepaskan daging ayam dari tulang-tulangnya, akan terkumpul sekitar 300-500 gram daging. Cincang daging menggunakan pisau tajam atau masukkan ke dalam food processor dan proses hingga lumat.
  2. Rendam roti tawar dengan air susu, remas-remas hingga roti hancur. Tambahkan susu/air jika roti kurang basah. Sisihkan.
  3. Siapkan mangkuk, masukkan daging ayam cincang, daging sapi cincang, telur, bumbu halus dan roti tawar. Aduk rata. Tambahkan kecap asin, saus tiram, kaldu bubuk dan garam. Aduk hingga rata.

 Mengisikan Adonan ke Kulit Ayam:

  1. Bentangkan kulit ayam di meja, rapikan. Masukkan setengah adonan isi ke dalam kulit ayam, tekan dan dorong sehingga isi menjadi padat.
  2. Kalau menggunakan telur, masukkan dua butir telur ayam rebus di sisi kiri dan kanan ayam, masukkan kembali sisa adonan tekan dan padatkan di bagian paha dan badan ayam. Masukkan dua butir telur rebus dengan mendorongnya ke dalam adonan, letakkan di sisi bawah, kanan dan kiri.
  3. Padatkan adonan dan tarik kulit yang terbuka agar menutup, jahit dengan menggunakan jarum dan benang hingga kulit tertutup rapat. (aku bahkan melewatkan tahapan ini karena takut kulitnya sobek. Jadi hanya aku tutup dengan mengatur posisi sayap ayam agar menutup di atasnya, dan hasilnya aman, isinya tidak keluar ketika dikukus)
  4. Balikkan ayam, rapikan bentuknya.
  5. 20160708_154738.jpg
    Ready to steam

    Letakkan ayam di panci kukusan, kukus dengan api sedang selama 35 – 40 menit atau hingga ayam matang. Terlalu lama mengukus akan membuat kulit ayam menjadi pecah dan rusak.

  6. Olesi permukaan ayam dengan bumbu pengoles menggunakan kuas, ratakan hingga menutupi seluruh permukaan ayam. Panggang ayam di dalam oven dengan suhu 170’C selama 15 menit atau hingga permukaan ayam menjadi coklat keemasan dan terlihat mengkilap. Keluarkan ayam, olesi dengan bumbu pengoles sekali lagi dan panggang selama 5 menit. Angkat ayam, pindahkan ke piring saji.

 Membuat Saus Coklat:

  1. Siapkan wajan, panaskan margarine hingga meleleh dan panas, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan kecoklatan.
  2. Tuangkan air kaldu, masak hingga mendidih.
  3. Masukkan kecap manis, saus tiram, kecap asin, lada hitam, kaldu bubuk dan merica bubuk. aduk rata.
  4. Tuangkan larutan maizena ke dalamnya, aduk rata hingga larutan mengental. cicipi rasanya. angkat.

 Penyajian:

Potong ayam membujur di tengah-tengah dari bagian leher ke bagian ujung belakang. Iris tipis masing-masing potongan sehingga telur bisa teriris dengan baik. Letakkan di piring saji dan siram dengan saus coklat.

***

wp-image-902987196jpg.jpg
Homemade chicken nugget

Karena ukuran ayam yang aku gunakan kecil, jadi tidak semua adonan isi bisa masuk ke dalam kulitnya. Jadi, sisanya aku olah jadi nugget. Sisa adonan isi aku tuang ke dalam loyang bulat ukuran 20 cm lalu aku kukus selama 40 menit juga. Setelah dingin, aku potong-potong sesuai ukuran yang aku mau, lalu celupkan ke dalam kocokan telur dan balur dengan tepung roti/tepung panir*. Simpan di dalam freezer minimal 1 jam sebelum digoreng.

*tepung rotinya aku buat sendiri. Jadi sisa roti tawar yang ada aku masukin ke dalam oven dengan suhu rendah sampai rotinya garing. Apabila sudah garing dan sudah hilang uap panasnya, roti tinggal diparut atau dimasukkan ke dalam food processor sampai agak kasar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s