How to prepare your Japan trip (Spring)


1491617365730.jpg

Well, kalau kalian follow Instagramku, kalian pasti tau kalau aku baru balik dari spring trip ke Jepang. Trip that I’ve been dreaming since forever! Aku bakal share sedikit proses aku mempersiapkan trip ini. FYI, trip ini lebih untuk kalian yang backpacker dan orientasinya bukan untuk belanja yaa..

  1. Tiket

Tentunya ini hal wajib pertama yang harus dipersiapkan. Gimana cara dapet tiket murah? Dateng ke travel fair! Atau beli tiket promo via online. Kemarin aku dapetnya dari Kompas Travel Fair di Panen Tour, China Airlines dengan harga sekitar 4,8 jt dengan tujuan Jakarta – Tokyo – Jakarta. (Pada akhirnya aku menemukan bahwa flight ini zonk, will explain it later).

Selain beli tiket promo, cara lain untuk menurunkan budget tiket adalah dengan memilih rute selain Tokyo, misalnya Osaka atau Sapporo or else.

Perhatikan juga apakah flight yang kalian pilih direct flight atau ada transitnya. Pilihan terbaik tentunya direct flight, menghemat waktu pasti. Atau kalau memang ga nemu direct flight yang harganya sesuai, boleh pilih yang 1 kali transit.

Nah, kenapa tiketku zonk? Awalnya aku hanya dapet info akan transit 1 kali di Taipei. Beberapa hari sebelum pergi iseng googling durasi flight Jakarta – Taipei. Lima jam doang ternyata. Lah, kok ya di itinerary aku sampe makan waktu 7 jam. Googling lagi ternyata yang durasi 7 jam pake acara transit di Hongkong dulu. Aku ga tau sih ini yang ga transparan Panen Tour atau China Airlinesnya. Wasted time for sure. Apalagi kemarin aku pake acara ditinggal pesawat segala, jadinya harus bermalam di Taipei untuk catch flight besok paginya. *duh

  1. Visited city

Setelah dapet tiket, langkah selanjutnya adalah menentukan kota apa aja yang mau kita kunjungi. Aku dari awal selalu baca Japan Guide untuk cari referensi sebanyak mungkin tentang Jepang. Mulai dari destinasi kota, apa aja wisata yang bisa dilihat di kota tersebut, transport apa yang harus dipakai, berapa biaya yang dibutuhkan. Anything you need to know about Japan ada di sana. So, check it first.

Kemarin aku pilih 3 kota besar yang wajib didatengin (for first timer) Tokyo (4 hari), Osaka (2 hari), dan Kyoto (2 hari). Plus menyisipkan perjalan setengah hari ke Yokohama dan Nara di dalamnya.

  1. Hostel

Uda tau mau ke kota mana aja dan berapa lama waktunya, next booking penginapan. Karena trip ini bener-bener aku usahain low budget (banget) pilihanku jatuh ke airbnb atau hostel. Setelah beberapa pertimbangan, akhirnya pilih pakai hostel aja. Alasan utama karena akan lebih mudah search location hostel dari Google maps dibandingkan alamat lokasi airbnb.

  1. Plan full itinerary

Again, untuk plan full itinerary aku balik lagi ke Japan Guide untuk nentuin mau kemana aja. Ini aku kasih contoh itinerary ku ya Japan itin (yang mana pada akhirnya buyar ga diikutin sama sekali karena ditinggal pesawat tadi). Tips:

  • Pilih lokasi tujuan yang berdekatan. Mis: hari pertama fokus di wilayah North dan Central Tokyo, besoknya ke West Tokyo.
  • Pakai google maps untuk nentuin rute trip kita. Mana yang duluan dikunjungin, mana yang terakhir dikunjungin, biar ga muter-muter
  • Cari tau station terdekat dari lokasi yang kita tuju
  • Cari tau line yang bisa kita naikin
  • Cari tau biaya masuk plus hari dan jam operasionalnya
  1. Transport

Transport di Jepang yang paling mudah ya pakai kereta. Ada dua yang bisa kalian pilih. Mau pakai JR pass atau beli pass di masing-masing kota berbeda. Aku karena based on low budget tadi, lebih memilih untuk pakai pass yang berbeda di tiap kota (Tokyo Subway pass dan Kansai Thru pass), serta menggunakan bus malam untuk berpindah dari Tokyo-Osaka dan sebaliknya (willer express bus). Dari hasil kalkulasinya lebih murah dari pada aku harus beli JR pass.

  1. Passport & visa

Untuk paspor sudah pernah aku share di sini.

Nah, kalau untuk visa, sebenarnya gampang banget untuk yang uda punya e-passport. Tinggal datang aja ke kedutaan Jepang untuk dapet visa waiver nya. Do expect long queue line ya. Sedangkan, untuk kalian yang paspor biasa, agak ribet sih berkas-berkas yang harus disiapin. Bisa dicek di sini untuk list lengkapnya.

  1. Packing

The least excited thing to do. Packing! Sebelum packing, cek dulu perkiraan cuaca dalam periode kunjungan kita, lalu sesuaikan dengan pakaian yang kita bawa. Usahakan barang yang kita bawa muat di koper ukuran cabin. Tips (untuk spring/autumn):

  • bawa atasan sejumlah hari kunjungan, dan bawahan sepertiga dari hari kunjungan (mis: hari kunjungan 8 hari, atasan 8 dan bawahan 3).
  • Bawa 1 coat aja
  • Buat yang pakai hijab, better bawa hijab yang dua sisi, (you know what I mean kan?) jadi hari pertama bisa pakai pattern A, besoknya pakai pattern B nya.
  • Pakai sepatu yang nyaman dan gampang dilepas pasang! HARUS! Karena di sana kita bakal banyak banget jalan dan kalau masuk beberapa temple mereka minta kita untuk lepas alas kaki kita.
  • Bawa pelembab, karena udara dingin bakal buat kulit dan bibir kering.
  1. Pocket wifi/paket internet roaming

Well ya pastinya di sana butuh koneksi internet dong ya, either for search location or simply update di socmed (like I did mwahahaha). Ada dua pilihan yang bisa dicoba

  • Pocket wifi & sim card rental

Sejauh ini, dari hasil pencarianku, Rental CD Japan yang harganya paling murah. Bisa pilih pocket wifi atau sim card.

  • XL pass

Ini satu lagi pilihan yang membantu banget. XL pass. Jadi intinya kita aktivasi paket XL pass, agar paket internet local kita bisa dipakai selama kita di luar negri. Kalau dihitung-hitung totalnya mirip dengan biaya Rental CD Japan plus shippingnya. So I go with this option.

That’s all I guess….

I’m open for any questions

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s