Food Diary in Japan


pixlr_20170417151142240.jpg

Aku selalu suka makanan Jepang. I consider it as one of my comfort food, walaupun harganya ga comforting sih di kantong. Karena itu, mimpi lain yang pengen aku wujudin ketika di Jepang adalah makan sushi langsung di Jepang. Ga harus the BEST sushi, cukup sushi aja, selama di Jepang, aku uda bahagia! (mureee banget anaknya)

Selain sushi ada beberapa makanan lain yang pengen aku cobain, mau tau cita rasa aslinya gimana sih?

So, here are list of food that tasted while I’m in Japan.

  1. Sushi

Aku nyobain dua tempat, Sushizanmai (Tokyo) dan Musashi Sushi (Kyoto). Dari awal aku ga nyari secara specific mau makan di mana, cuma ngikutin arahan temenku doang. Balik ke Jakarta, search di Google, baru tau kalau Sushizanmai itu terkenal di Tsukiji. Yang aku makan ini di daerah Asakusa. Harganya lumayan sih, tapi enak banget!

20170417_130228.jpg

Kalau Musashi Sushi, konsepnya lebih ke Sushi Bar, bisa comot langsung. Tapi juga bisa pesan menu lain dari daftar menunya. Biar hemat aku ambil aja yang ada di bar yang harganya terjangkau (bisa dilihat dari warna piringnya). Miriplah ya kayak kita di Sushi tei. Nah, di sini tuh lumayan ngantri. Kemarin aku datengnya cepet sih, jam 6 PM, langsung dapet tempat duduk. Lima belas menit makan ga berasa uda abis sepuluh piring aja.

IMG_20170417_125338_334.jpg

  1. Ramen

Ramen juga aku nyobain di dua tempat dan dua-duanya halal. Nyari ramen halal agak tricky di Jepang, karena mostly kuah kaldunya dibuat dari tulang babi. Jadi, nemu ramen halal rasanya bahagia banget!

Pertama aku nyobain di Naritaya Ramen, seputaran Asakusa juga, tapi ini rasanya B banget sih menurutku. Kuahnya kurang nendang gitu. Kalau bisa disimpulkan sih sebenarnya aku ga ngerekomendasiin yaa.

20170417_130136.jpg

Yang kedua Ayam-Ya Ramen. INI ENAK BANGET! YA ALLAH! Aku nyobain yang di Kyoto (di Tokyo juga ada). Aku pesan yang “extra rich soy ramen” sama Karaagenya. Kuahnya gurih banget, kental, pas banget dimakan anget-anget di cuaca Kyoto yang hujan hari itu. Ini juga antriannya lumayan. Dan lagi-lagi aku beruntung karena aku datengnya sekitar jam 6 PM.

IMG_20170417_125523_052.jpg

Ada satu lagi ramen halal di Osaka. Namanya ramen Honolu. Tapi kemarin ga aku kejarin, karena uda kekenyangan makan Takoyaki. Kalau menurut temenku yang sempat nyobain, ramen Honolu lebih enak rasanya dari Ayam-Ya ini.

  1. Takoyaki

Dari sebelum pergi uda beberapa kali pengen makan takoyaki, tapi mengurungkan niat sambil bergumam dalam hati “nanti aja makan di Jepang”. Temenku rekomendasiin kalau mau makan takoyaki di Osaka. Lagi-lagi ada dua yang aku cobain, di seputaran Osaka castle sama di seputaran Dotonbori. Both rasanya sama aja kayak yang di Indonesia ternyata.

Ada satu lagi yang aku cobain, bentuknya mirip kayak takoyaki, tapi adonannya lebih berasa telur dan makannya dicelupin ke kuah dashi gitu. Namanya Akashiyaki. Ga sempet foto aslinya. Langsung disantap habis.

  1. Soft serve matcha

Ini hal wajib lainnya. Soft serve rasa matcha! Enaaaaaakkkkkk! (apa sih yang ga enak buat gw)

20170417_130553.jpg

Selain soft serve, yang menarik lainnya adalah Matcha Ichigo Daifuku. Mochi rasa matcha yang di tengah-tengahnya ada strawberry gede. Itu juga enak! Strawberrynya manis!

20170417_125952.jpg

Selain matcha, rasa lain yang perlu dicobain adalah Sakura Mochi!

Sakura mochi sendiri berupa lapisan tipis mochi rasa Sakura yang diisi sama kacang merah dan dibungkus dengan daun Sakura. I’m not a fan of red bean. Jadi, aku ga suka.

Berikutnya aku coba soft serve rasa Sakura Mochi. Baru enak! Manis-manis, agak ngingetin sama es doger. Hahahaha. Jauh sih rasanya dari doger, tapi warna pink sama manisnya mirip kayak es doger.

20170417_130054.jpg

Satu lagi yang aku suka snack yang biasa aku beli di Family Mart. Kayak dorayaki gitu, isinya juga ada kacang merahnya, tapi ga banyak, jadi ga mendominasi rasa Sakura mochinya.

20170417_130620.jpg

  1. Strawberry

Ini mungkin hal terakhir yang jadi inceran aku. Makan strawberry yang ukurannya gede dan rasanya manis. Ada beberapa kali deh aku beli selama di sana. Harganya bervariasi, tergantung ukurannya.

20170417_125619.jpg

Dan lucunya, ada strawberry yang warnanya pucet begini. Aku ga nyobain sih, karena harganya justru lebih mahal.

20170417_130822.jpg

Selain makanan di atas ada beberapa makanan yang berhasil aku abadikan sebelum disantap habis:

20170403_192656.jpg

Gyudon

20170406_172810.jpg

Kaniboko

20170417_130028.jpg

Onigiri kesukaan, rasa tuna mayo, sarapan wajib tiap hari

20170417_130504.jpg

The famous Pablo cheesetart yang rasanya biasa aja

IMG_20170417_125802_855.jpg

Butterbeer! Every Potterhead dream!

DSC03568.JPG

Plate of sushi at Tsurutontan, they serve super big bowl udon

20170417_130525.jpg

Orange juice langsung dari buahnya

20170402_105501.jpg

Dango, but I prefer yang dikasi olesan saos coklat gitu

 

Leave a Reply

