Lifestyle

Night Skincare Routine


Sesungguhnya tidak berniat membuat postingan mengenai skincare routine. Tujuan awal hanya ingin mencoba foto low light menggunakan fairy light, karena kebetulan baru beli dan ga sabar untuk nyobain sebelum dipakai untuk proyek photoshoot ala-ala di bulan depan.

Tapi, kenapa ga sekalian berbagi, siapa tau ada yang belum tau ;p

DSC00203-02

Ini produk yang rutin aku gunakan setiap malam sebelum aku tidur. Hanya lima produk saja. Awal mengetahui 10 step korean skincare routine, lumayan berambisi untuk mengikuti keseluruhan stepnya. But, girl have no time for that.

Cleansing

Proses cleansing yang rutin aku jalani belakangan ini, menggunakan teknik double cleansing. Tahap pertama menggunakan oil, dilanjut tahap kedua menggunakan facial foam. Teknik ini baru aku lakukan karena sekarang aku rutin menggunakan BB cream atau foundation untuk ke kantor. Sebelumnya aku hanya menggunakan SPF (sama alis dan lipstik deh) and off I go.

Namun, karena sekarang menggunakan foundation, aku merasa tidak cukup kalau hanya dibersihkan menggunakan facial foam biasa, karena pasti masih ada partikel-partikel make-up (plus debu) tersisa di kulit wajah.

Karena itu aku menggunakan coconut oil untuk meluruhkan segala macam lapisan make-up yang seharian aku pakai. Biasanya aku memakai delapan sampai sepuluh tetes coconut oil, lalu mengoleskan ke seluruh wajah dan dipijat lembut.

Ini jenis pijatan yang sedang sering aku lakukan sembari membersihkan wajahku menggunakan oil.

Selesai dipijat, kemudian aku membilas wajahku dengan air biasa, sampai terasa tidak begitu licin. Dan dilanjutkan dengan tahapan cleansing kedua menggunakan facial foam. Kenapa wardah? Pertama, jelas lebih murah. Kedua, sehabis dibilas, wajah tidak terasa tertarik atau kering. Menurutku formulanya gentle untuk kulit wajahku. Varian yang aku coba juga biasanya aku ganti-ganti. Sebelumnya aku pernah mencoba lightening dan aloe vera, sekarang mencoba varian seaweed. Semuanya memberi efek bersih yang sama. Bisa mengangkat lapisan oil dan tidak membuat kulit wajah terasa kering setelahnya.

Setelah bersih, lalu kulit wajahku kukeringkan menggunakan handuk dengan gerakan tapping atau ditepuk-tepuk ringan (like Michelle Phan taught us).

Toning

Setelah tahapan cleansing, tahapan selanjutnya adalah menggunakan toner. Kenapa harus menggunakan toner?

Toner bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori serta mengembalikan pH balance kulit wajah setelah proses cleansing. Toner yang aku gunakan adalah cuka apel (apple cider vinegar). Ciri cuka apel yang baik digunakan adalah cuka apel yang belum difilter seperti cuka apel dari brand Bragg. Sebelum penggunaan langsung di wajah, cuka apel harus dilarutkan dahulu dengan air. Perbandingannya 1:1. Lalu dengan menggunakan kapas, dioleskan ke seluruh permukaan wajah.

Kalau tidak biasa menggunakan cuka apel, di awal mungkin akan terganggu dengan aromanya yang menusuk serta sensasi menggigit di wajah ketika selesai dioleskan. But you’ll get use to it.

Wajahku memiliki pori-pori besar terutama di daerah pipi dekat hidung. Setelah aku rutin menggunakan cuka apel, aku melihat pori-pori tersebut lebih bersih dan terlihat lebih mengecil dari biasanya.

Moisturizing

Selesai toning. Berikutnya moisturizing. Tahapan ini baru beberapa tahun aku jalani. Sebelumnya, cuci muka lalu tidur. Tapi mengingat usia yang semakin bertambah, sebelum terlambat, aku merasa perlu untuk menjaga kulitku agar tetap lembab dan menunda penuaan sedini mungkin. Saat ini produk yang aku gunakan adalah cream dan eye cream dari Innisfree orchid series.

Aku hanya mengoleskan tipis produk di seluruh wajahku. Penggunaan produk yang terlalu banyak malah bisa membuat wajahku terlalu lembab dan berminyak, serta bisa memicu tumbuhnya jerawat baru. Small amount is enough. Yang terpenting kulit tetap terjaga kelembapannya selama kita tidur.

Selain ketiga tahapan wajib di atas, seminggu dua kali biasanya aku menggunakan masker, Apakah itu sheet mask, wash-off mask, atau sleeping mask. Yang paling ringkes, tentu saja sleeping mask. Tinggal dioleskan ke seluruh wajah, lalu dibilas keesokan paginya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s